1. Bandara Saba, Karibia
Dijuluki salah satu
landasan pacu terpendek di dunia, sekira 1.300 meter, pilot menggambarkan
mendarat di jalur ini lebih mirip mendarat di kapal induk. Pesawat harus
terbang ke tebing sebelum membuat sebuah belokan tajam ke kiri dan akhirnya
mendarat dengan mulus. Landasan ini terletak tinggi di atas lautan sekitarnya,
dengan tebing terjal di tiga sisi.
2. Bandara Paro,
Bhutan
Dikelilingi oleh
puncak Himalaya yang menjulang tinggi, Paro adalah salah satu bandara dunia
yang paling menantang bagi pilot. Faktanya, saat ini hanya delapan pilot di
dunia yang disertifikasi untuk bisa mendarat di bandara ini. Terletak di lembah
yang dalam, mendarat di bandara ini mengharuskan para pilot ‘bernegosiasi’
dengan serangkaian gunung, turun dengan cepat, kemudian berbelok curam ke kiri
segera sebelum mendarat
3.Bandara Matekane,
Lesotho
Terletak di
pegunungan tinggi, lepas landas maupun mendarat di ujung Matekane yang
tingginya 2.000 kaki butuh keahlian luar biasa dari pilot. Prosesnya akan
sangat bergantung pada kondisi angin. Pesawat yang akan parkir di sini tidak
disarankan untuk terbang sebelum mencapai akhir landasan pacu di ketinggian
1.312 kaki.
0 Komentar